Oleh: jogjakelinci | 3 November 2009

Perkawinan dan Kehamilan Kelinci

FatRabbit Masa puber kelinci jantan umur 3 bulan dan bisa membuahi pada usia 5 bulan. Sedangkan masa puber kelinci betina pada usia 5 bulan dan bisa hamil pada usia
5,5 bulan ke atas.

Cara kawin. Bawa betina ke kandang jantan. Masukkan dan biarkan bercumbu. Biasanya pejantan akan menciumi bagian muka dan kelamin betina. Betina yang cenderung lari-lari biasanya mudah kawin dibanding yang tengkurap tanpa gairah.
Tunggu sekitar 2-4 menit sampai betina nungging memberikan kelaminnya kepada pejantan. Dalam waktu sekitar 30-40 detik pejantan akan terkulai lepas. Satu menit kemudian ambil betina, istirahatkan dan berikan makan. Sepuluh hingga lima belas menit kemudian kembali betina ke kandang pejantan, ulang lagi hingga tiga kali. Jika pada ketiga kali betina tidak minat kawin lagi tidak masalah. Dua kali cukup. Kawin sekali bisa melahirkan antara 2-4 ekor anak. Sedangkan jika kawin 2-3 kali biasanya mampu melahirkan 4-8, bahkan 10 anak, tergantung kondisi produktivitas sang betina.

Ciri-ciri kelinci jantan maupun betina hendak kawin bisa dilihat pada bagian kelaminnya.
Jika merah, tanda sudah pingin kawin. Bisa juga dengan melihat tingkahnya, seperti pantatnya ngesot dip agar kandang, atau menggesek-gesek dagunya. Atau bisa juga melihat dengan memegang bagian pantat. Jika saat kelinci dipegang langsung nungging itulah tanda kepingin kawin. Kelinci hamil sangat butuh perhatian. Sebagaimana manusia hamil, kelinci butuh pasokan gizi baik dan pakan stabil. Lapar dan kurang minum saat hamil membuat stres sang induk. Wortel setiap hari 1 batang cukup untuk memasok gizi. Masa hamil kelinci antara 29-33 hari.

Minggu pertama biasanya gelisah ketika janin tumbuh. Berikan perhatian pakan yang cukup dan belaian khusus untuk menghindari stres. Pada usia kehamilan 17 hari, kandungan mulai membesar. Sang induk semakin butuh banyak makan. Pagi, siang, sore Dan malam harus tersedia makanan.
TwoBurrows-786210

Memasuki usia kandungan 25 hari kelinci nampak gelisah karena menjelang kelahiran. Ciri-ciri hendak melahirkan adalah sang induk mengorek-ngorek kandang dengan kuku kaki depannya. Ini adalah karakteristik kelinci yang ingin menggali lubang di tanah. Sediakan kotak dan jerami kering supaya induk merasa ada jaminan tempat melahirkan.
Sebelum melahirkan biasanya kelinci mencabuti bulunya untuk tempat tidur sang anak. Kehamilan pertama dan kedua biasanya sang induk agak gugup, namun sebagian ada yang langsung tanggap. Jerami untuk induk baru sangat penting karena biasanya ia akan telat mencabuti bulunya. Kotak harus bersih, tidak basah dan jangan sampai muncul hewan kutu (atau uget-uget).
Nest
Saat hendak dan sesudah melahirkan jangan sering dilihat, kecuali oleh Anda yang sudah terbiasa merawat. Kelinci merasa ketakukan anaknya diganggu orang jika dilihat terus-menerus. Berikan sayuran atau rumput serta minuman saat menjelang kelahiran sebab setelah melahirkan kelinci sangat capek, dehidrasi dan butuh makanan yang banyak. Telat memberi makanan saat kelahiran adalah penyiksaan. Kenapa kelinci kanibal? Dua kemungkinan utama. 1) Stres karena pasokan pakan sehat sejak minggu pertama hingga minggu ke empat kurang terjamin sehingga dirinya merasa tersiksa dengan kehadiran anak-anaknya. 2) Takut terhadap bahaya seperti ancaman tikus, anjing, kucing dll.

Pasca kelahiran Kelinci lahir hanya mengandalkan makan dari air susu induknya (ASI). Biasanya induk menyusui pada jam-jam tertentu pada subuh atau malam hari. Anak kelinci wajib mendapat pasokan ASI hingga usia 35 hari. Di bawah itu anak tidak sehat dan gampang mati.
Pemisahan anak dari induk minimal 35 hari. Dimulai sapih pada usia 32 hari dengan cara memisahkan pada siang hari dan mengembalikan pada sore hari. Jika belum hendak dijual atau alasan lain, anak kelinci bisa terus menyatu dengan induknya hingga umur 45 hari.
anakklincibarulahir
Anak kelinci akan belajar makan rumput pada umur 14 hari dan mulai banyak makan diusia 26 hari. Wortel atau ubi kayu sangat bagus diberikan pada umur 14 hari supaya gigi-gigi kelinci mulai tertata baik. Perlu diketahui, kelinci memiliki pertumbuhan gigi yang terus menerus sehingga butuh menggerat untuk mencegah pertumbuhan. Berikan bata merah di kandang, terutama kandang pejantan yang gemar menggerat.

@Kelinci Prancak Yogya
Kelinci Hias Yogyakarta

About these ads

Responses

  1. alamat lengkapnya mana bro?mksh

    • ya di Prancak lah hehe….

  2. bos,,,,aku punya kelinci 1 pasang kelahiran pertama menghasilkan 6 ekor anak..dah gede2 anakx…
    yang kedua nech dah hamil lg,,usia kehamilanx dah 31 hari nech tapi ko belum melahirkan juga yach…jadi bingung nech ma kehamilan yang pertama ma yang kedua….
    dah cape ganti2 kotakx nech,,habis kotakx di berakin di kencingin,,aku ganti aja terus takut nnti anakx lahir kena kotoran indukx ge….mohon bantuanx bos,tks..muhcklis wamena-papua

  3. maz,kalo kelinci saya ngelahirin lagi pada saat 1 bln stelah klahiran prtama bgaimana?

  4. Bes..aq mo tanya nih..aq baru 5 bulan punya kelinci..nah sekarang sang induk melahirkan..tapi malang benar..yg buat aq sedih anaknya yang sebanyak 4 ekor mati gara-gara aq g tau kalau dikandang ada semutnya…jadi anaknya mati semua….

    yq ingin aq tanyakan kapan induknya bs kawin lagi?..mslahnya stelah 4 hari melahirkan, induk mau dikawin lagi tapi aq cegah…

  5. bkn bermaksud ikut campur cman ksih tau mungkin kurang nutrisi kykny y sorry klo krng menyenangkan thx ^^

  6. apakah benar kelinci habis melahirkan di tanah lubangnya di tutup lagi ????,ku tunggu jawaban nya OK !!!

    • cuma nagasi tau ja,. wat theo filus, jawabanya, YA. mengapa anaknya di dalam lubang terus di tutup lagi? supaya bayi kelinci yang di dalam tidak di mangsa oleh pemangsa,, mengingat di alam bebas nya.. n supaya bayinya tetep hangat d dlam tanah.

  7. beda gag see cra mmplihara klinci luar sma klinci lkal……

  8. knapa y klinciku kjar”ran smbil patumpuk”
    apakah ini brantem atw sdang kawinn ..
    tpi blunya rontok klw dpegang :)
    ktunggu jwabannya yahh :)

  9. mau cari kelinci jenis giant or pedaging ada gak?

  10. Semakin,kelici banyak kawin semakin,banyak anak yang di LAHIRKAN.

  11. Kelinci aku udah 2minggu dikawinkn, katanya kalo kelinci hamil nafsu makannya dua kali dr nafsu makan biasa, Tapi kok kelinci punyaku kayaknya gak nafsu makan.. Kira2 knapa ya?

  12. klinci sya kok ska menggigit kandang sampai kayu nya keropos,tolong bantu ya?

  13. mas saya mau nanya kelinci saya hamil ke28 tp kok dia gk nyari jerami atau nyabutin bulunya tolonh di jawab please

  14. bang saya punya kelinci di rumah kelincinya udah sering kawin tp blm bunting tolong berikan solusiny gimana carany


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: